Bandung – Dari 14 kabupaten dan kota di Jawa Barat yang memiliki batik, perhatian khusus diberikan pada Kabupaten Ciamis. Ketiadaan regenerasi pembatik, membuat Yayasan Batik Jawa Barat (YBJB) tergerak untuk kembali mengangkat dan melestarikan tradisi membatik batik Ciamisan.Setidaknya itulah yang menjadi salah satu fokus YBJB dan Disperindag Jabar dalam gelaran Saresehan Batik Jawa Barat ke-2 di Paris van Java mall, Jalan Sukajadi, 19-21 November mendatang. Di samping itu digelar pula pameran batik dari 8 perusahaan batik Jawa Barat, fashion show, lomba desain batik dan lain-lain.”Tema khusus untuk saresehan kali ini adalah mengangkat dan melestarikan batik Ciamisan yang sudah hampir punah karena tidak ada regenerasi,” tutur Ketua Umum YBJB, Sendy Dede Yusuf dalam sambutannya di pembukaan Saresehan Batik Jawa Barat, Kamis (19/11/2009).

Dipaparkan Sendy, pembatik di Ciamis kebanyakan sudah berusia lanjut sehingga sudah tidak mampu lagi beraktivitas. Padahal, Ciamis memiliki motif-motif batik yang khas dan nama-nama yang unik untuk motif-motif tersebut.

Sebut saja motif parang sontak, rereng seno, rereng sintung ageung, lepaan, rereng adumanis, dan motif lainnya yang berjumlah lebih dari 20 motif.

YBJB pun kemudian tergerak untuk melakukan revitalisasi dan mengangkat tradisi membatik di Ciamis dengan membuka workshop-worksop batik yang akan launching awal tahun 2010.

Secara simbolis, bantuan berupa batik cap dan peralatan batik, diserahkan YBJB dalam pembukaan Saresehan Batik Jabar kepada pengurus Koperasi Rukun Batik Ciamis.

Ditambahkan Otong Kardiman, Sekretaris Koperasi Rukun Batik Ciamis, resesi ekonomi menjadi alasan utama menurunnya kualitas batik di Ciamis. Krisis ekonomi tahun 1997 menjadi puncak kemerosotan yang membuat para pengusaha banyak yang beralih memproduksi batik printing.

Hal itu secara otomatis memicu kian menghilangnya pembatik tradisional di Ciamis. Maka Otong berharap dengan bantuan dari YBJB bisa membangkitkan semangat para perajin untuk kembali membangkitkan gairah batik Ciamisan.

http://bandung.detik.com/read/2009/11/20/091523/1245381/686/hampir-punah-ybjb-angkat-batik-ciamisan