Abu Thalib wafat, gangguan semakin menghebat, maka keluarlah Rasulullah menuju tha’if, lalu pergi ketempat pemuka-pemuka tsaqif. Kemudian beliau duduk bersama mereka mengajak kepada islam, dan minta bantuan mereka untuk melindunginya dari gangguan-gangguan kaumnya sendiri. Lalu salah seorang dari mereka berkata:
”apakah Allah tidak menemukan seseorang selainmu untuk diutus.?” dan berkata pula yang lainnya: ”aku akan melepaskan kelambu ka’bah dan akan aku lemparkan jika Allah mengutus kamu.” dan ada lagi yang berkata:”demi Allah. Sama sekali aku tidak mau bercakap-cakap denganmu, jika kamu benar-benar utusan Allah sebagimana kamu katakan.”
Kemudian Rasulullah saw, pergi meninggalkan mereka  dan beliau berkata: ”memang kalian telah memperlakukan aku seperti ini, tetapi aku berharap supaya hal ini di rahasiakan saja,”karna beliau khawatir orang-orang Quraisy akan semakin tambah berani pada beliau. Tetapi harapan Rasulullah itu tidak dikabulkan oleh orang-orang thaif itu, bahkan mereka menyuruh orang-orang yang bodoh dan para budak untuk memaki-maki beliau, sehingga Rasulullah dikerumuni dan dikejar-kejar oleh orang banyak, sampai beliau berlari dan berlindung disuatu kebun untuk berteduh dibawah pohon kurma.Setelah beliau tenang kembali, maka beliau berdo’a.
”Ya Allah, kepada Engkaulah aku mengadukan kelemahanku, dan kurangnya daya upayaku, dan kehinaanku dihadapan manusia, wahai Tuhan yang Mahapengasih Maha penyayang, engkau adalah tuhan orang-orang yang tertindas, engkaulah tuhanku, kepada siapakah aku diserahkan? Kepada orang jauhkah yang akan menjumpaiku dengan wajah masam, atau kepada musuh yang engkau jadikan dia berkuasa terhadapku.?
Selama engkau tidak marah kepadaku, maka aku tidak perduli apa yang terjadi, namun ampunan-Mu lebih luas untukku. Aku berlindung dengan nur wajah-Mu yang denganya cerahlah segala kegelapan dan baiklah segala urusan dunia dan akhirat, aku mohon dijauhkan dari kemurkaan-Mu serta dijauhkan dari kemarahan-Mu. Engkaulah yang dicari keridhoan-Nya sampai engkau ridha, tak ada upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan-Mu